Jangan Remehkan Orang Miskin, karena…


ALLAH SWT tidak membuat makhluk di muka bumi ini sama rata. Artinya tidak semua diciptakan dalam hal yang serupa. Semua diciptakan berpasang-pasangan. Termasuk dalam hal materi, kita mengenal adanya orang kaya dan orang miskin .Dua hal ini sangat jauh berbeda. Tetapi keduanya saling melengkapi.

Hanya saja, tak sedikit di antara kita yang meremehkan keberadaan orang-orang miskin. Banyak yang mengesampingkan mereka. Bahkan, hanya sedikit orang yang peduli pada mereka. Padahal kita diberikan pertolongan dan rezeki karena keberadaan mereka. Salah satunya adalah dengan lingkungan orang miskin di sekitar kita, maka kita akan banyak bersyukur karena sering melihat ke bawah.

Rasulullah ﷺ bersabda, “Carilah keridhaanku dengan berbuat baik kepada orang-orang lemah kalian, karena kalian diberi rezeki dan ditolong disebabkan orang-orang lemah kalian,” (Dishahihkan Al-Imam Al-Albani dalam Ash-Shahihah no. 779)

Dalam riwayat Nasa’i, “Sesungguhnya Allah akan menolong umat ini dengan sebab orang-orang yang lemah dari mereka, yaitu dengan doa, shalat dan keikhlasan mereka,” (HR. Nasa’i 3179)
 
Ibnu Hajar Al-Asqalani menukilkan penjelasan Ibnu Batthal Rahimahullah, “Tafsir hadis ini bahwa orang-orang lemah lebih ikhlas dalam berdoa dan lebih khusyu’ dalam ibadah. Karena hati mereka sangat sedikit bergantung dengan hirup pikuk kehidupan dunia. Karenanya Nabi ﷺ berwasiat dalam banyak hadis agar berkasih sayang kepada orang yang miskin dan lemah,” (Fathul Bari 6/89, Darul Ma’rifah, Beirut, 1397 H, syamilah).

Dengan berbuat baik kepada orang miskin dan lemah bisa jadi kita dan lingkungan kita didoakan oleh mereka. Dan janganlah kita sering meremeh mereka, karena walaupun penampilan mereka seperti orang yang diremehkan, tetapi bisa jadi jika berdoa kepada Allah, langsung dikabulkan.

Rasulullah ﷺ bersabda, “Mungkin saja orang yang berpenampilan kusut, senantiasa diusir dari pintu rumah orang, akan tetapi bila bersumpah memohon sesuatu kepada Allah, niscaya Allah mengabulkannya,” (HR. Muslim).

Maka, jangan biarkan hati kita dipenuhi dengan kesombongan. Sebab, harta yang kita miliki tidak seutuhnya milik kita. Ada hak orang lain, termasuk orang miskin di dalamnya. Jadi, sudah selayaknya kita mengeluarkan hak mereka setiap tahunnya dengan perhitungan yang telah ditetapkan dalam syariat Islam. Dan alangkah lebih baik lagi, jika kita selalu menyisihkan harta untuk selalu bersedekah kepada mereka.


Sumber: muslimafiyah.com

Populer